Langsung ke konten utama

Resensi Buku Media Pembelajaran Prof. Dr. Azhar Arsyad M.A.

Resensi buku Media Pembelajaran





Judul                  : Media Pembelajaran
Pengarang           : Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A
Penerbit              : Raja Grafindo Persada Jakarta
Tahun Terbit        : 2009
Cetakan               : Edisi Pertama, 2009
Jumlah Halaman  : 192 halaman
ISBN                     :979-421-547-3

Buku berjudul Media Pembelajaran ini di kemas dengan apik oleh penulis agar pembaca dapat memahami dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran. Buku ini berukuran kecil dan ringan sehingga dapat dibawa kemana - mana.

Dalam buku ini di paparkan beberapa hal mengenai Media Pembelajaran mulai dari pengertian media pembelajaran , fungsi dan manfaat media pembelajaran, pengenalan media, pemilihan media, pengunaan media, pengembangan media dan evaluasi media pembelajaran.

Media Pembelajaran sendiri merupakan media yang membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau menandung maksud-maksud pengajaran.

Media Pembelajaran memiliki banyak manfaat dalam kegiatan belajar mengajar . Media Pembelajaran memberikan penyajian yang lebih jelas sehingga informasi dan pesan yang akan di sampaikan lebih jelas. Selain itu objek kajian dapat di tampilkan langsung di ruang kelas , karena Media Pembelajaran tidak terbatas indera , ruang , maupun waktu. Pemilihan media dalam pembuatan Media Belajar di sesuaikan dengan pengguna media itu sendiri.

Dalam penggunaan dan pengembangan Media Belajar diperlukan beberapa prinsip , seperti media berbasis manusia, cetakan , visual, audio-visual, dan komputer. Selain itu Media Pembelajaran juga membutuhkan evaluasi. Evaluasi disini bertujuan untuk memperbaiki dan meingkatkan kinerja maupun manfaat dari Media Pembelajaran tersebut.  Evaluasi dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti diskusi kelas dan kelompok interview perorangan, observasi , dan evaluasi media yang tersedia. Indikator dalam mengevaluasi suatu media yaitu  :
A. Apakah media tersebut efektif ?
B. Dapatkah media tersebut ditingkatkan dan diperbaiki ?
C. Apakah media tersebut efektif dalam segi biaya dan  hasil belajar siswa ?
D. Kriteria apa yang digunakan untuk memilih media pembelajaran itu ?
E. Apakah isi pembelajaran sudah tepat disajikan dengan media itu ?
F. Apakah prinsip utama penggunaan media tersebut ?
G. Apakah media pembelajaran tersebut benar benar menghasilkan hasil belajar yang direncanakan ?
H. Bagaimana sikap siswa terhadap media pembelajaran tersebut ?

Berdasarkan uraian diatas buku Media Pembelajaran ini cocok menjadi referensi bagi mahasiswa maupun kalangan umum yang berkecimpung dalam bidang belajar dan pembelajaran. Buku ini memaparkan bagaimana cara membuat Media Pembelajaran yang baik agar dapat memudahkan siswa dalam belajar. Perlunya pemahaman tentang pemilihan media , penggunaan media , dan evaluasi agar hasil yang di capai sesuai dengan keinginan serta tepat sasaran.

sumber : 
http://library.uny.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulas Buku Part. 1

#Mengulas Buku Part. 1 Komunikasi dan Teknologi Informasi Pendidikan Judul Buku :Komunikasi dan Teknologi Informasi Pendidikan Penerbit   :Pustaka Setia Pengarang  :Dr.H. Zaenal Mukarom,M.Si., Dr.H.A. Rusdiana,M.M Dalam buku ini memuat berbagai informasi seputar Teknologi informasi dan Komunikasi , mulai dari pengertian, metode, hingga jenis jenisnya. Buku ini bisa menjadi rujukan para pengajar dalam penggunaan TIK sebagai bahan pembelajaran dikelas. Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari sangat berperan penting, karena setiap orang membutuhkan interaksi. Dalam dunia pendidikan komunikasi dibutuhkan agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Komunikasi dan Teknologi Informasi dalam Pendidikan memiliki banyak peranan seiring dengan perkembangan zaman. Secara umum kedua hal tersebut berhubungan dengan pengambilan,pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, dan penyajian informasi. Dalam dunia pendidikan kedua hal diatas sering disingkat TIK. TIK

Resensi Buku Tokoh Kemerdekaan

Wartawan Serba Bisa (B. M. Diah) (Resensi Buku) Judul Buku : Wartawan Serba Bisa (B. M. Diah) Pengarang :Toeti Kakiailutu Penerbit :Pustaka Sinar Harapan, 1997 Kolase :281 Halaman Buku Wartawan Serba Bisa ini sangat bagus untuk dibaca, ceritanya menginspirasi. Buku ini juga disertai gambar untuk memudahkan pembaca dalam membayangkan keadaan tempat, suasana dan tokoh yang terlibat dalam cerita tersebut. Buku ini berisi tentang perjalanan seorang wartawan indonesia bernama Burhanuddin Mohammad Diah (B.M.Diah) pada masa perjuangan kemerdekaan indonesia. Ia merupakan satu dari banyak tokoh yang menjadi saksi dalam perumusan teks proklamasi. Sebagai wartawan ia ikut andil dalam penyebaran teks proklamasi , ia juga yang menyelamatkan teks proklamasi asli tulisan tangan Soekarno dan Hatta yang dibuang ke tempat sampah ketika selesai diketik oleh Sayuti Melik. Ia menyebarkan teks proklamasi lewat surat kabar dan selembaran , pada masa itu ia dan rekannya berhasil