Langsung ke konten utama

Resensi Buku Tokoh Kemerdekaan

Wartawan Serba Bisa (B. M. Diah)
(Resensi Buku)




Judul Buku :Wartawan Serba Bisa (B. M. Diah)
Pengarang :Toeti Kakiailutu
Penerbit :Pustaka Sinar Harapan, 1997
Kolase :281 Halaman

Buku Wartawan Serba Bisa ini sangat bagus untuk dibaca, ceritanya menginspirasi. Buku ini juga disertai gambar untuk memudahkan pembaca dalam membayangkan keadaan tempat, suasana dan tokoh yang terlibat dalam cerita tersebut.

Buku ini berisi tentang perjalanan seorang wartawan indonesia bernama Burhanuddin Mohammad Diah (B.M.Diah) pada masa perjuangan kemerdekaan indonesia. Ia merupakan satu dari banyak tokoh yang menjadi saksi dalam perumusan teks proklamasi. Sebagai wartawan ia ikut andil dalam penyebaran teks proklamasi , ia juga yang menyelamatkan teks proklamasi asli tulisan tangan Soekarno dan Hatta yang dibuang ke tempat sampah ketika selesai diketik oleh Sayuti Melik. Ia menyebarkan teks proklamasi lewat surat kabar dan selembaran , pada masa itu ia dan rekannya berhasil menguasai percetakan milik jepang. Namun sayangnya ia tidak dapat menyaksikan pembacaan teks proklamasi karena sebelumnya teks proklamasi direncanakan akan dibacakan di Lapangan Ikada , tetapi di pindah ke Kediaman Soekarno karena banyak tentara jepang yang berada di Lapangan Ikada yang dikhawatirkan akan menimbulkan bentrok. Selain menjadi wartawan ia juga pernah menjabat sebagai Dubes di Inggris kemudian menjadi Menteri Penerangan.




Buku ini sangat di anjurkan untuk dibaca , selain sebagai referensi sejarah , buku ini juga menyadarkan kita betapa pentingnya pers dalam kehidupan ini. Dalam memperjuangkan kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan tak melulu harus mengangkat senjata , namun dengan tulisan pun kita bisa. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Media Pembelajaran Prof. Dr. Azhar Arsyad M.A.

Resensi buku Media Pembelajaran Judul                   : Media Pembelajaran Pengarang           : Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A Penerbit              : Raja Grafindo Persada Jakarta Tahun Terbit        : 2009 Cetakan               : Edisi Pertama, 2009 Jumlah Halaman  : 192 halaman ISBN                     :979-421-547-3 Buku berjudul Media Pembelajaran ini di kemas dengan apik oleh penulis agar pembaca dapat memahami dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran. Buku ini berukuran kecil dan ringan sehingga dapat dibawa kemana - mana. Dalam buku ini di paparkan beberapa hal mengenai Media Pembelajaran mulai dari pengertian media pembelajaran , fungsi dan manfaat media pembelajaran, pengenalan media, pemilihan media, pengunaan media, pengembangan media dan evaluasi media pembelajaran. Media Pembelajaran sendiri merupakan media yang membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau menandung maksud-maksud pengajaran. Media Pembel

Mengulas Buku Part. 1

#Mengulas Buku Part. 1 Komunikasi dan Teknologi Informasi Pendidikan Judul Buku :Komunikasi dan Teknologi Informasi Pendidikan Penerbit   :Pustaka Setia Pengarang  :Dr.H. Zaenal Mukarom,M.Si., Dr.H.A. Rusdiana,M.M Dalam buku ini memuat berbagai informasi seputar Teknologi informasi dan Komunikasi , mulai dari pengertian, metode, hingga jenis jenisnya. Buku ini bisa menjadi rujukan para pengajar dalam penggunaan TIK sebagai bahan pembelajaran dikelas. Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari sangat berperan penting, karena setiap orang membutuhkan interaksi. Dalam dunia pendidikan komunikasi dibutuhkan agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Komunikasi dan Teknologi Informasi dalam Pendidikan memiliki banyak peranan seiring dengan perkembangan zaman. Secara umum kedua hal tersebut berhubungan dengan pengambilan,pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, dan penyajian informasi. Dalam dunia pendidikan kedua hal diatas sering disingkat TIK. TIK